2 Nikmat yang Harus Diperhatikan

 

Palembang, 28/9/2022Terdapat 2 yang tidak boleh diabaikan yakni nikmat kesehatan dan waktu luang yang kita peroleh hendaknya dipergunakan untuk melakukan ketaatan kepada Allah SWT. Dunia merupakan ladang untuk beramal, agar kita memperoleh kebahagiaan di dunia terlebih lagi di akhirat.  Umar bin Khattab mengatakan, “Aku tidak suka melihat seseorang yang berjalan seenaknya tanpa mengindahkan ini dan itu, yaitu tidak peduli penghidupan dunia dan tidak pula sibuk dengan urusan akhiratnya.” Hal yang sama juga dikemukakan Ibnu Mas’ud, “Aku sangat membenci orang yang menganggur, yaitu tidak punya amalan untuk penghidupan dunianya ataupun akhiratnya”.

Dalam riwayat lain disebutkan, “Barangsiapa bangun di pagi hari dengan badan sehat dan jiwa sehat pula, dan rezekinya dijamin, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya.” (HR Tirmidzi). Dalam ajaran Islam, menjaga kesehatan kebersihan diri dapat dilakukan dengan cara selalu menyucikan diri setiap kali selesai berhadas besar ataupun kecil, berwudhu setiap kali akan melaksanakan shalat, dan mandi. Sementara itu, kebersihan lingkungan di antaranya dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Jalaluddin Suyuti memberi penjelasan dalam kitabnya yang bertajuk Mukhtashar al-Tibb al-Nabawi. Menurutnya, selain menjaga kebersihan, Rasulullah SAW juga telah mencontohkan upaya-upaya lainnya dalam menjaga kesehatan.

Berbagai upaya yang mesti dilakukan agar orang tetap sehat menurut para pakar kesehatan antara lain, dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan menjauhkan diri dari berbagai pengaruh yang dapat menjadikan kita terjangkit penyakit. Tidak ada sesuatu yang begitu berharga dan penting selain memiliki pikiran yang jernih, tubuh yang sehat, dan jiwa yang tenang. Oleh karenanya, kita hendaknyaselalu bersyukur atas kesehatan badan dan jiwa yang kita miliki. Nabi SAW mengingatkan, “Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR Bukhari). 

Share

Komentar